Rabu, 09 Mei 2012

Memuji Untuk Menertibkan

Pengalaman beberapa tahun terakhir bergaul dengan anak-anak angelic, satu pelajaran berharga yang saya dapatkan adalah tentang "ucapan yang memuji anak-anak".

Menghadapi anak-anak kecil berusia 4-7 tahun yang jumlahnya sekitar 30 orang, dimana anak-anak tersebut hampir semuanya aktif bergerak dan aktif berceloteh, saya akhirnya menemukan sebuah trik untuk menertibkan mereka, terutama jika mereka harus dibariskan .

Kecenderungan kita sebagai orang dewasa, termasuk saya, adalah segera menegur anak yang sedang ribut atau sedang bergerak-gerak, supaya tim paduan suara anak-anak ini bisa segera tenang. Tapi saya amati, jika kita menegur seorang anak, anak tersebut akan diam dalam beberapa saat, namun anak-anak yang lain tidak terimbas dgn hal tersebut (dalam hal ini mereka tetap saja bergerak dan berceloteh). Dan ini akan menyebabkan kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menertibkan/menenangkan seluruh tim.


Tapi coba kita lakukan cara yang lain: ketika hendak menertibkan satu tim dimana banyak sekali anak-anak yang masih sibuk berceloteh, kita dengan suara keras memuji seorang anak yang sudah berdiri dengan tenang dan rapi. Kita sebut nama anak itu, lalu kita puji dia "bagus!" Saya melihat efeknya lebih terasa ke seluruh tim. Anak-anak yang lain akan segera menertibkan dirinya sendiri, karena mereka sedang menunggu untuk mendapat pujian dari para Laoshi.

- Virna -

3 komentar:

  1. Oh iya, sempat lupa dengan teknik ini sejak perpisahan Angelic B & C :)

    Nanti dicoba terapkan di B lagi.
    Walaupun anak-anak yang lebih besar sekarang sudah mengembangkan sikap (seakan-akan) tak peduli hehe, tapi sepertinya masih akan cukup efektif.

    BalasHapus
  2. Kemarin menerapkan prinsip ini, dan cukup berhasil!! :D
    Waktu mengajak anak-anak berdiri, mereka ga mau bangkit dari tempat duduk, hanya beberapa anak yang mau.

    Jadi disebutkan "baru 4 anak yang mendengarkan dan berdiri.. 6 anak.. 7.. 10.." sampai akhirnya berdiri semua :)
    Sepertinya ini termasuk menggunakan prinsip 'peer pressure' hehehe :D

    BalasHapus
  3. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    Tetaplah semangat memulai hal baru !

    BalasHapus